Sabtu, 22 September 2012

DAW - XP

DAW - XP


Benarkah Tukar Link Dilarang Google?

Posted: 21 Sep 2012 07:32 AM PDT


tukar link
Untuk meningkatkan popularitas blog di mata google, saat ini banyak yang menggunakan cara tukar link sebagai jalan utama untuk meningkatkan popularitas blog atau postingan di search engine. Namun disini, benarkah tukar link dilarang google pada algoritma google panda saat ini? Kita akan membahas tuntas disini.

Pada algoritma yang sekarang ini google benar-benar ingin memberantas blog spam. Google berniat memberantas hingga blog-blog yang mengikuti kontes seo karena melanggar guidelines. Blog spam yang ingin diberantas google adalah blog copy paste dan content farm (artikel dengan kualitas rendah). Nah pada pembahasan kita kali ini akan ada menyangkut mengenai blog spam.

Sebenarnya dalam hal ini tukar link diperbolehkan google, asal tidak melanggar peraturan google yang berlaku. Silakan anda baca pernyataan dari google webmaster mengenai tukar link berikut:
Your site's ranking in Google search results is partly based on analysis of those sites that link to you. The quantity, quality, and relevance of links count towards your rating. The sites that link to you can provide context about the subject matter of your site, and can indicate its quality and popularity.

Dalam hal ini link yang baik adalah link yang mempunyai kualitas, kuantitas dan relevansi yang baik ke situs anda sehingga berpengaruh ke blog anda. Mempunyai kualitas artinya dari segi PageRank blog, kuantitas artinya banyaknya link yang masuk namun tetap harus memperhatikan kualitasnya. Dan relevansi artinya niche yang sama atau topik dari blog kita setidaknya berhubungan dengan link yang masuk. Namun sebaliknya, google sangat membenci link yang masuk dari kualitas dan tingkat relevansinya rendah. Selain itu, pada algoritma yang terbaru saat ini google juga membenci skema tukar link sebagai berikut:

1. Link untuk Menaikkan Pagerank
2. Membeli link

Link Farm

link farm
Link farm atau ladang link adalah dimana sekelompok website memberikan link ke website yang satu secara bersamaan dengan tanpa adanya konten dari link tersebut. Link farm adalah black hat seo yang artinya buruk untuk SEO anda. Jumlah link ini bisa berjumlah ratusan yang masuk, kadang juga tidak memperhatikan kualitas dan relevansi linknya. Apakah situs iklan baris dan socialbookmark termasuk link farm? Tentu tidak, karena dalam iklan baris dan socialbookmark tersebut tidak semata-mata berisi link saja, namun konten/artikel juga termuat disana.

Jika anda memiliki beberapa website/blog yang dibuat dari IP yang sama, anda harus berhati-hati jika memberikan link ke website/blog anda yang lain, karena itu akan menaruh kecurigaan pada google. Terlalu banyak link dari IP yang sama bahkan akan disebut sebagai boom link.

Relevansi

Selain jumlah backlink dan kualitas backlink, relevansi backlink juga diperhatikan. Ada banyak kasus bahwa para webmaster bertukar link dengan tidak memperhatikan relevan isi situs mereka dengan link yang terkait. Justru ini akan berdampak buruk pada mesin pencari. Jadi, semakin tinggi tingkat relevansi dari situs lain ke situs anda, maka semakin baik pula backlink yang dihasilkan.

Solusi Cara Bertukar Link yang Baik

Cara terbaik agar anda mendapatkan backlink yang bagus dari hasil tukar link adalah dengan membuat konten unik pada situs lain yang mengarah ke blog/website anda. Dengan cara ini dari segi kualitas, kuantitas dan relevansi akan terjamin pula. Buatlah konten yang berguna untuk pembaca, karena semakin berguna artikel pada blog tersebut maka akan semakin bagus pula hasilnya.

Anda juga bisa memberi link ke situs yang sudah authority atau sudah besar di mata google agar setidaknya memberikan referensi terhadap pembaca agar meningkatkan user experience.

Bagi yang sudah terlanjur melanggar peraturan google, silakan reconsideration blog anda ke google. Mungkin ini yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar